Jenis Kerusakan pada AC Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Mobil dengan fasilitas AC menjadi pilihan banyak orang karena lebih nyaman digunakan saat berkendara. Tak heran jika banyak produsen mobil yang menciptakan berbagai macam jenis dan merk mobil dengan memberikan tambahan fitur AC mobil saat ini. Namun, tahukah Anda ternyata AC mobil juga bisa rusak lho.

Ya, AC mobil memiliki berbagai macam jenis kerusakan misalnya seperti AC mobil tidak dingin karena Freon habis atau hanya karena oli kompresor yang kurang. Yang pasti kerusakan pada AC mobil akan tetap saja terjadi jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Dan hal ini akan mengharuskan Anda untuk melakukan service AC mobil.

 

Jenis Kerusakan pada AC Mobil

Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa jenis kerusakan yang biasa terjadi pada AC mobil yang Anda miliki. Penasaran apa saja kira-kira jenis kerusakan pada AC mobil? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Kompresor AC Mobil Berbunyi

Kerusakan pada AC mobil pada umumnya ditandi dengan kompresor AC yang berbunyi. Biasanya akan terdengar suara sedikit kasar yang berasal dari ruang mesin. Namun, sesaat setelah tombol AC dimatikan maka secara otomatis KAP mesin menjadi seperti biasa lagi.

Nah, kerusakan pada AC mobil yang seperti biasanya disebabkan oleh oli kompresor yang kurang memadai atau karena terjadi kebocoran. Atau juga bisa saja terjadi karena Freon yang kurang.

Kompresi AC Mobil Melemah atau Berkurang

Jenis kerusakan pada AC mobil lainnya yakni kompresi kompresor AC mobil yang mulai melemah atau berkurang. Hal ini bisa Anda ketahui ketika awal menyalakan AC mobil maka akan keluar hebusan udara dari dalam AC yang juga ikut terpengaruh oleh kecepatan mobil.

Kebocoran pada Kompresor

Jenis kerusakan AC mobil yang lainnya adalah adanya kebocoran pada kompresor AC mobil yang menyebabkan AC mobil tidak dingin walaupun sudah dinyalakan. Ciri-cirinya adalah kerusakan akan terjadi ketika body kompresor terlihat basah oleh oli dan terlihat berdebu.

Jika mengalami kerusakan AC mobil seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Anda bisa cek AC mobil terlebih dahulu setelah itu jika memang kerusakan pada AC mobil parah, Anda bisa langsung saja membawanya ke bengkel AC mobil agar segera teratasi. Terimakasih.